Perlengkapan buat bikin animasi, baik 2D maupun 3D

sumber: http://studenttimes.org/article/art/animator

​Kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia – inggris berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan benda mati. dalam perkembangannya animasi berawal dari gambar gua yang ditemukan di gua Lascaux Spanyol Utara, yang sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Mereka mencoba untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau kuda, digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958). Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana volume 19, 1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978).

Dalam perkembangannya saat ini animasi sudah memasuki era digital dan macam animasi pun kian beragam. baik dari segi 2d maupun 3d sekarang sudah banyak yang menggunakan komputer. sehingga dalam perlengkapannya perlu diketahui bahwa perangkat membuat animasi komputer tidaklah sulit tetapi juga tidaklah mudah untuk mendapatkannya, karena animasi sendiri adalah suatu hal cukup rumit dalam proses pembuatannya mulai dari storyboard sampai siap saji dan layak untuk dipertontonkan

Perlengkapannya sendiri yang harus dibutuhkan adalah

Untuk hardwarenya

1. Personal Computer dengan spesifikasi grafis yang diatas rata-rata (minimal prosesor intel core i3 atau amd a8, ram minimal 2gb, dan vga card minimal grafis 2gb), untuk 3d disarankan menggunakan diatas  prosesor i5 atau amd a10 dengan kapasitas ram 4gb dan vga yang mampu mmencapai 4gb, karena untuk hrafis 3d sendiri membutuhkan lebih banyak daya dan kemampuan pc yang siap bekerja keras karena ada tahap yang menyebabkan pc harus seimbang dan lancar dalam bekerja, yaitu tahap Rendering, yaitu tahap menghasilkan gambar atau video dari model (atau model dalam apa kolektif biasa disebut file adegan), dengan cara program komputer.)

2. Pen Tablet untuk modeling, saat ini pen tablet sudah menjadi kebutuhan untuk membuat animasi karena perangkatnya terhubung langsungbke PC, sehingga menghemat waktu kerja pembuat animasi dalam modeling maupun dalam menganimasikan karya (menghemat penggunaan kertas juga)

Untuk Softwarenya

1. Adobe Flash Animate, software buatan adobe ini cukup membantu dan memudahkan untuk membuat animasi 2d

2. 3ds max, software pembuat animasi 3d bersifat berbayar karena fiturnya memang cukup lengkap dan apabila ditujukan untuk tujuan komersial cukup menujang

3. Blender, software animasi 3d gratis dan terbuka, cukup bagus untuk pemula dan profesional yang ingin belajar 3d modelling atau animasi 3d dengan biaya yang sedikit. apabila anda cukup mengapresiasi software gratis ini jangan lupa untuk ikut menjadi donatur untuk perkembangan software 3d ini.

Dalam dunia animasi sendiri ada banyak pembagian tugas di dalamnya, seperti :

1. Storyteller (pembuat cerita)

2. Storyboard maker (pembuat story board yang bertugas memvisualkan apa yang storyteller sampaikan)

3. modeller (pembuat model karakter dalam animasi)

4. visual effect artist (pembuat efek dalam animasi)

5. Animator/ Motion graphic artist (orang yang menggerakan animasi, tugasnya sangat penting dalam menggerakan animasi, semua konsep dan apa yang sudah dituangkan dalam prototype animasi sangat bergantung di animator ini agar cerita yang diharapkan dapat terwujud)

6. Artist (orang atau tokoh yang mampu menghidupkan karakter dalam animasi, bisa melalui suara atau gerakan (jika menggunakan alat bantunsensor gerak dalam menggerakan animasi 3d)

Semua komponen diatas saling terikat dan saling mempengaruhi sehingga kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan animasi yang di inginkan

Animasi sendiri tidak hanya berupa animasi yang bersifat film bercerita, animasi juga bisa berupa efek dan visual animasi, seperti efek air, efek asap, animasi pembukaan seperti dalam pembukaan sebuah acara seperti acara berita yang rata-rata menggunakan animasi 3d.

Dan untuk dimasukan kedalam dunia bisnis, animasi tergolong bisnis yang sangat mahal, baik dari segi produksi maupun pasca produksinya. karena melibatkan banyak orang, perlengkapan yang cukup menyita banyak dana, dan peluangnya yang fluktuatif atau naik turun tergantung ide cerita dan apa yang akan draih darj animasi itu sendiri. yang membuat animasi itu menjadi mahal adalah idenya, karena ide tidak datang begitu saja dan ide itu tidak akan sama antara satu dan lainnya serta bisa dikatan itu original atau asli pemikiran dari si pembuat yang tidak terpikirkan oleh orang lain, sehingga membutuhkan sebuah apresiasi yang istimewa dan tidak ingin dijual murah kepada siapa saja, seperti animasi pokemon (yang berawal dari sebuah game) aniamsi hellokity (yang berawal dari sebuah ikon saja) hingga animasi yang murni sperti Micky Mouse dan kawan-kawannya di Walt Disney. akan tetapi masih minim yang menghargai nilai jual sebuah ide dimanapun itu, makanya itu juga menjadi kendala bagi si penjual animasi dan pembeli animasi itu sendiri, dan jalan tengahnya selalu ada yang mengalah diantar keduanya, antara yang harus membayar mahal atas nama apresiasi, dan harus menjual murah suapaya idenya laris manis. sedikit rumit memang untuk dijelaskan, tapi begitulah dunia jual beli apalagi sangkutannya adalah animasi. dan untuk terus meningkatkan penjualannya, pihak penjual animasi menurunkan produk animasinya kedalam berbagai macam produk turunan seperti komik, marchendise, DVD, dan sebagainya untuk mendongkrak penjualannya dalam bisnis animasi.

Kesimpulannya, animasi sangat menarik jika memang suka animasi, akan tetapi jalan yang harus dijalani berliku-liku, rumit dan sungkan diprediksi, ada nilai kreatifitas, kerja sama, dan profit yang akan didapatkan jika ditekuni dengan benar. dan animasi akan abadi untuk selamanya selama ide itu memberikan manfaat dan layak mendapatkan apresiasi sebagai sebuah karya animasi terbaik sepanjang masa.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang animasi, sebenarnya saya juga belum terlalu menguasai bidang animasi, tetapi berbekal pengalaman dan latihan saya berharap cukup memberikan informasi tentang animasi, apabila ada yang kurang, bisa dikomen 😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s